Loading

Holiday Trip (Washington - Orlando)

Widya | Wednesday, January 01, 2014 |
Perjalanan Washington ke Orlando adalah perjalanan panjang yang kami bagi dalam 2 trip. Washington - Savannah dan Savannah - Orlando.

Rute Washington - Savannah ditempuh dalam waktu 7 jam melewati berbagai negara bagian. Washington DC berada di negara bagian Maryland.  Dari situ melewati Virginia, North Carolina, South Carolina, Georgia melalui rute 95 South.  Savannah berada di negara bagian Georgia.
Seperti biasa jalan-jalan yang kami tempuh lebar-lebar kecuali Georgia.  Di bagian ini jalan hanya memiliki 2 jalur saja.
Pemandangan pun berbeda, dengan banyak pertanian, creek, sungai-sungai lebar, delta sungai dan hutan cemara di sisi kiri kanan.  Sungai-sungai itu pasti banyak ikannya.....
Bagian selatan ini terkenal dengan masakan yang serba digoreng dan es teh manis.
Sepanjang perjalanan menuju Savannah hujan terus mengguyur bumi, udara dan angin dingin menyejukkan.  Kami tidak harus memakai heater dalam kendaraan.

Di sepanjang jalan banyak rest area.  Sistem jalan di Amerika nyaman, aman dan mudah diikuti. Pompa bensin, restaurant dan rest area selalu memiliki petunjuk yang jelas dan tidak berada jauh dari jalan bebas hambatan.  Rest area hanya menyediakan fasilitas toilet bersih dan food/beverage vending machine. Makanan bisa di dapat di stasiun pompa bensin atau restaurant yang berada di area berbeda dengan rest area.
Jalur rest area juga selalu terbagi dua untuk kendaraan roda empat dan RV/truk.  Tempat parkirnya berbeda.
Rest area di Amerika juga ramah orang tua dengan kursi roda dan hewan.
Untuk hewan ada alat yang menyediakan plastik-plastik untuk membuang kotoran anjing.  Orang Amerika banyak yang membawa anjingnya bepergian.
Semua terpelihara bersih, nyaman dan aman.

Stasiun pompa bensin dari jauh-jauh sudah memasang harga bensin dan solar dengan tulisan yang besar dan jelas, sehingga pengemudi kendaraan bisa memilih stasiun mana yang akan dituju.  Di sini harga bensin tidak sama antara satu stasiun dengan stasiun lain.  Ini mungkin yang disebut ekonomi kapitalis.  Pemilik pompa berhak menentukan  sendiri harga bensinnya, namun tidak boleh menipu warga.  Mereka harus memasang harga bensin di stasiunnya dengan tulisan yang besar dan jelas.  Harga solar di Amerika lebih mahal daripada harga bensin. Pompanya pun berbeda warna dan berbeda lokasi.  Harga bahan bakar di Amerika juga berbeda setiap hari, juga berbeda untuk setiap negara bagian.  Ada negara bagian yang lebih mahal, ada yang lebih murah. Namun semua tetap ditentukan pemilik pompa bensin, bukan ditentukan pemerintah dan seragam setiap SPBU...kita bisa memilih yang sesuai ukuran kantong.

Fasilitas lodging (penginapan) juga banyak di sepanjang jalan bebas hambatan 95 South, mereka juga memasang harganya dengan besar dan jelas dilihat.  Bagi yang merasa lelah dan ingin tinggal semalam di kota-kota yang dilewati, bisa mudah keluar dari jalan bebas hambatan ini.  Petunjuk yang dipasang sangat mudah dibaca dan dimengerti bahkan bagi orang yang baru pertama kali berpesiar di Amerika.  Penginapan-penginapan murah ini berada tidak jauh dari jalan bebas hambatan.   Fasilitas standart mereka adalah makan pagi, tempat tidur twin yang besar atau single, bath tub, shower, microwave, hair dryer, ac/heater, tv, coffee maker.  Lumayan kan...

Jarak pompa bensin, restauran, lodging, dan rest area di 95 South ini tidak berjauhan.  Kalau kita terlewat satu exit kita akan menemukan exit berikutnya pada jarak yang tidak mengkhawatirkan. Bila rest area tertentu adalah rest area terakhir sebelum jarak tertentu, kita akan membacanya pada pengumuman besar di pinggir jalan.  Di Amerika kebiasaan membaca petunjuk atau tulisan-tulisan di pinggir jalan sangat berarti, karena semuanya sesuai dengan yang sudah dituliskan.

Pada jalan raya, bila suatu jalur akan berakhir maka akan ada petunjuk pada jalur tersebut yang membuat pengemudi dapat siap-siap pindah jalur sejak jarak yang memadai.  Misalkan pada jalan yang memiliki 4 jalur dan akan menjadi 3 jalur pada jarak tertentu di depan, maka pada jarak yang sangat jauh dan memadai sebelum jalan mengecil, pada jalur keempat akan ada panah besar menunjuk ke kiri dengan tulisan "lane end" dan tulisan "merge".  Kebiasaan pengemudi Amerika yang akan memberikan jalan pada mobil yang sudah memberikan tanda lampu akan berpindah jalur juga membuat mengemudi menjadi aman dan mudah, walau kecepatan di jalan-jalan bebas hambatan rata-rata 100km/jam.

Dari Savannah di negara bagian Georgia kami menempuh 4 jam perjalanan menuju Orlando di negara bagian Florida.  Di Florida beberapa minggu sebelumnya suhu sangat tropis, 28 derajat Celcius dan berkeringat.  Namun selama kami di Florida suhu dan cuaca sangat bersahabat untuk melakukan jalan kaki berjam-jam. Matahari cerah namun angin sejuk cenderung dingin.  Anak-anak yang sudah menyiapkan baju-baju tropis tidak bisa menggunakannya....tetap harus pakai jaket tipis.
Florida negara bagian yang sangat ramai pada musim libur Natal dan akhir tahun.  Semua hotel terisi dan jalan-jalannya penuh kendaraan-kendaraan yang berasal dari negara-negara bagian lain.

Akhirnya kamipun tiba di hotel Super8 Orlando.  Hotel ini terletak tidak jauh dari DisneyWorld, dari Universal Studios dan dari Sea World.  Berada di sekitar hotel-hotel lain.  Hotel juga menyediakan shuttle ke tempat-tempat wisata tersebut.
Pilihan yang tepat untuk liburan kami ini didapat dari Booking.com.  Suatu cara booking hotel online yang juga merupakan hal baru untuk kami dan ternyata menyenangkan.  Ini adalah proses belajar kami hidup di dunia digital dengan gaya belanja online.
Booking.com menyediakan pilihan kota, pilihan harga, pilihan kamar, pilihan waktu.

Petualangan baru di tujuan wisata internasional ......

No comments:

Post a Comment

Translate

Button

Warna Warni Perjalanan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...