Loading

Gereja Katolik

Widya | Sunday, February 09, 2014 |















Aku dan mas Agung terlahir dari keluarga Katolik, walaupun sebagian besar keluarga kami Muslim.  Cerita tentang bagaimana orangtua kami menjadi Katolik sangat kaya dan ajaib.  Itu cerita lain....dan akan jadi kekayaan dalam keluarga kami.  Keluarga Bhinneka Tunggal Ika.

Ketika kecil aku sempat mengalami misa dalam bahasa Latin dan menyebut imam dengan sebutan Pastor, seperti yang masih digunakan saudara-saudara kami di NTT dan sekitarnya.  Namun sejak aku dewasa, kami menyebut imam dengan sebutan Romo, mengikuti tradisi Jawa.  Baik Pastor atau Romo sama artinya dengan sebutan teman-teman Amerika yang memanggil imam dengan kata Father.  Satu hal yang ketika kecil selalu bangga aku lakukan adalah ketika mengisi kolom agama dengan menuliskan  "Katolik Roma".  Anak kecil tidak mengerti, yang ada hanya pikiran keren ada Roma-nya...hahahahahha.

Setelah sempat tinggal di Amerika, kami malah pernah kesasar ke gereja Katolik Byzantium. Karena melihat kata Katolik-nya kami yakin masuk ke gereja yang sama.  Tiba di dalam gereja ternyata kami melihat ada ketidak samaan gereja yang biasa kami datangi.  Altar tidak sama, gambar-gambar orang kudus demikian banyak di atas altar.  Namun salah masuk gereja itu sungguh karunia Tuhan, karena kami diberi kesempatan untuk mengenal Katolik yang lain.  Kami memutuskan untuk  mengikuti misa malam Natal yang lebih lama dari biasanya sampai selesai. Satu hal yang meneguhkan kami untuk tinggal adalah adanya gambar icon suci Bunda Maria. Karena hanya gereja Katolik saja yang menempatkan Maria dalam kedudukan yang khusus.

Suatu ketika tanpa sengaja kami mengadakan makan malam dengan mengundang teman dari Australia, Lebanon dan Italia.  Dan ketika kami bercakap-cakap, tanpa sengaja kami menemukan bahwa kami semua beragama Katolik dengan ritus yang berbeda.  Ada yang Katolik Roma, Katolik Maronit, Katolik Orthodox..  Woooow.....dalam hatiku aku berbisik......oh ternyata ini sebabnya kenapa dulu dan sekarang kami menuliskan agama lengkap dengan kata Roma.

Kenyataan ini membuatku menelusuri ke internet, apa persamaan dan perbedaan gereja-gereja Katolik di dunia.  Dari penelusuran di internet ternyata ada kurang lebih  22 gereja Katolik Barat dan Timur.....woooow....betapa kayanya.  Semua gereja Katolik mengakui hal-hal prinsip yang sama termasuk mengakui kedudukan Bunda Maria, namun juga memiliki perbedaan di sana sini sebagai ciri khas gereja masing-masing.

Tentang Katolik yang lain silahkan baca ke sini
Ingin website lain, silahkan ke sini

No comments:

Post a Comment

Translate

Button

Warna Warni Perjalanan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...