Loading

Pumpkin Carving

Widya | Saturday, October 26, 2013 |
Acara Coffee Morning adalah acara bulanan untuk istri-istri siswa NCC  internasional yang sedang belajar di Naval War College, USA. Setiap istri siswa boleh menjadi tuan rumah atau memilih untuk membantu tuan rumah tertentu dalam menyelenggarakan acara tersebut.   Untuk bulan Oktober ini tuan rumahnya  Brooke Morgan dan Heather Gebo yang ramah dan cantik.

Setiap tuan rumah berhak untuk menentukan tema dan lokasi Coffee Morning. Mereka mengambil lokasi di Fort Adam Community Centre.  Karena bulan Oktober adalah bulan festival Haloween di Amerika, jadi acara Coffee Morning kali ini mereka berdua mengambil tema Haloween (selalu kagum dengan ide-ide kreatif orang Barat).  Sejak jauh-jauh hari mereka sudah berpesan agar semua menyiapkan labu kuning yang cukup besar untuk diukir, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil.

Membuat Jack-O-Lantern sendiri sudah tradisi di setiap keluarga Amerika, sehingga setiap orang Amerika tahu cara mengukir labu tersebut.  Alat-alat mengukir labu disediakan teman-teman Amerika. Bahan utama tentu saja labu kuning.  Labu  yang digunakan adalah  labu kuning yang besar, menurut beberapa teman labu ini tidak enak dimakan, memang disediakan untuk festival Haloween.   Template-template juga sudah disiapkan, kami tinggal memilih ingin membuat Jack-O-Lantern seperti apa.

Pertama kali bagian atas labu dipotong melingkar dengan sudut 45 derajat, agar tutup labu tidak jatuh ke dalam ketika ditutupkan.  Kemudian isi labu dikeluarkan sampai bersih. Langkah berikutnya memasang kertas template ke labu memakai selotip. Gambar pada kertas ditusuk mengikuti garis dengan memakai paku payung atau sejenisnya, untuk membuat jejak gambar pada kulit labu. Setelah seluruh bagian gambar selesai dibuat jejaknya, lepaskan kertas dan mulailah mengukir mengikuti jejak paku pada labu.  Tipsnya tusuk sedalam mungkin dan gerakkan gergaji kecil naik turun tanpa memaksa.  Labu yang sudah terpotong akan dengan mudah keluar. Jika menusuk tidak terlalu dalam, maka bagian labu yang harus dibuang sulit keluar dan tidak rapi.  Ternyata cara mengukir labu itu menyenangkan dan tidak sulit seperti bayanganku semula.  Bagian dalam labu seperti bagian dalam kelapa tidak terlalu tebal dan banyak.


Labuku kuukir bersama teman dari Bangladesh, Rumana.  Kami memilih gambar kucing.  Rumana seorang wanita yang teliti dan senang dengan kegiatan wanita, maka kerjasama kami pun membuahkan hasil.
Dapat juaraaa......woooow.... Kemungkinan sebab kemenangan kami adalah selain rapi adalah desain yang sedikit rumit, karena kucing kami memiliki banyak gigi dan kumis yang kecil panjang....



Coffee morning kali ini sungguh membawa pengalaman baru, berkenalan dengan tradisi Haloween di Amerika.  Terimakasih untuk Brooke dan Heather yang sudah merancang acara menyenangkan ini.

Translate

Button

Warna Warni Perjalanan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...