Loading

Petani Yang Terkenal

Widya | Thursday, October 24, 2013 |
Manusia tidak bisa hidup tanpa makanan dan minuman.  Dengan semakin berkembangnya jaman, maka makanan dan minuman manusiapun berkembang, dari dikonsumsi mentah, dikonsumsi dengan cara  dimasak, kemudian ditambahkan rasa, cara memasak yang semakin beraneka ragam, semua dengan satu tujuan pokok....Makanan dan Minuman Enak 

Dalam bayangan mimpi ideal, seharusnya petani memiliki kehidupan yang makmur, nyaman dan memiliki suara penting di suatu wilayah, suatu negara bahkan di dunia.  Petani seharusnya menjadi sosok bahagia yang menjadi tangan Tuhan memelihara kehidupan manusia di bumi.  Namun ironisnya justru tangan yang bekerja itu menjadi tangan yang lemah, menjadi sosok yang tidak dilirik siapapun, dan dengan suara malu mengatakan ...."saya HANYA petani saja".

Di meja makan pagi ini, sambil makan cereal, mata saya menatap botol jus Cranberry yang sudah berganti menjadi botol air minum.  Ada sesuatu yang berbeda, yang selama ini tidak pernah saya perhatikan.  Label belakang botol jus !!
Dalam label itu tertulis "Meet Our Growers" dan ada foto seorang laki-laki disitu.  Sambil melahap cereal itu saya membaca kalimat demi kalimat....

Ya ampun....!!....seharusnya petani-petani di Indonesia, negeri yang subur, juga memiliki label-label ini di setiap produknya.  Ada signature pada setiap hasil kerja keras mereka, seperti layaknya barang-barang bermerk di dunia mana saja menyandang nama penciptanya.

Saya jadi ingat kemarin suami menunjukkan penghangat tangan di musim dingin, di bungkusnya tertulis "with proud, made in USA by USA worker"
Mungkin petani kitapun bisa menuliskan...."dengan bangga, diproduksi di Brebes oleh petani Brebes" pada karung bawang merah.

Dengan penuh harap dan doa, semoga petani Indonesia yang hidup di tanah subur bisa menjadi sosok-sosok bahagia dan bangga dengan hasil kerja kerasnya.
Indonesia harus menjadi negara besar pengekspor bahan makanan bermutu ke seluruh dunia, maka duniapun akan mengakui negeri elok permai di garis khatulistiwa, yang penduduknya tidak pernah kekurangan makan minum.

Translate

Button

Warna Warni Perjalanan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...