Loading

Public Records Service

Widya | Monday, March 31, 2014 |
Di Amerika berurusan dengan polisi sangat mengerikan.  Bukan polisinya yang menyeramkan, tapi sistemnya yang menakutkan.
Dengan sistem data base mereka yang sangat bagus dibandingkan yang kita miliki di tanah air, berurusan dengan masalah hukum  akan mempersulit langkah kita di kemudian hari.  Baik untuk masuk sekolah atau mendapatkan pekerjaan, bahkan mendapatkan pasangan.

Pelaku kejahatan baik kejahatan ringan maupun kejahatan berat, akan tercatat rapi di data base mereka, dan data base ini bisa diakses oleh semua orang.  Misalnya kita memiliki tetangga yang kita curigai, maka kita akan bisa menarik data orang tersebut dengan sangat mudah.  Kita pergi ke website tertentu, dan kita ketikkan nama tetangga yang kita curigai itu.  Maka akan keluar semua data yang tercatat.  Bukan hanya nama dan tanggal lahir saja, tapi juga lokasi kejahatan, jenis kriminalitas yang dibuat, sosial media yang dimiliki, orang terdekat termasuk keluarga dan teman dekat, pekerjaan yang dimiliki, juga lokasi tinggal terkini.

Rahasia koq dibagi-bagi....?  Pasti itu yang ada di pikiran kita.  Tapi dengan kebebasan yang dimiliki semua orang di Amerika, mereka juga ingin keamanan.  Setiap orang ingin tahu dengan siapa mereka berurusan.  Namun kebebasan yang dimiliki warga Amerika tidak serta merta melanggar kebebasan orang lain.  Mereka sudah menyediakan perangkat hukum untuk menjamin kebebasan setiap warganya.
Data yang dikeluarkan tersebut hanya untuk diketahui, bukan untuk digosipkan, atau untuk disebarluaskan.
Aturan mainnya sangat jelas, kita boleh tahu tapi untuk kepentingan kita sendiri, bukan untuk kepentingan umum atau bahan gosip apalagi untuk menjatuhkan seseorang.  Kalau itu yang nekat kita lakukan ooooh.....siapkan uang yang banyak bila kita menghadapi tuntutan.

Aku sudah mencoba, dan hati ini rasanya seperti naik roller coster....berdegup kencang, padahal sebagai uji coba aku cuma masukkan asal nama saja, tapi rasanya deg degan....bisa dibayangkan bila yang ingin kita ketahui adalah calon pegawai kita, calon murid kita, calon pasangan kita, calon boss kita, tetangga dan teman kerja.....rasanya mungkin mau pingsan.  Dengan takjub aku melihat layar yang memampangkan  kecanggihannya.  Semua data di tingkat county sampai federal di akses, data sosial media diakses.  Takjub dan deg degan...kombinasi yang pas buat sakit jantung.

Pesan yang aku tangkap cuma satu, jangan main-main dengan hukum di Amerika.  Kebebasan yang diberikan negara harus bisa dipertanggung jawabkan setiap individu.  Kalau itu yang dilakukan, maka selamat sejahteralah kita hidup di negeri paman Sam ini.

No comments:

Post a Comment

Translate

Button

Warna Warni Perjalanan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...