Loading

Golden Anniversary

Widya | Friday, June 08, 2018 |
27 Juli 2017

Wedding anniversary papa Sam dan mama Yuli. Perkawinan emas papa dan mama kami rayakan di R2R, Pasar Minggu.  Sungguh kami bersyukur karena papa mama bisa merayakan perkawinan emas dalam keadaan sehat dan bahagia.

Perkawinan adalah sekolah kehidupan, yang baru mengenal kata lulus bila keduanya sudah tutup usia.  Sekolah dimana setiap penghuninya belajar untuk bertenggang rasa, saling mendukung, mendoakan, menumbuhkan kebiasaan baik dalam berpikir, berkata dan bertindak.  mendidik, mengasuh dan membesarkan generasi-generasi baru yang akan membawa nilai-nilai kebenaran dan welas asih kepada dunia baru.

Papa adalah laki-laki yang berpikir luas, memakai lógika dan data menyampaikan logikanya kepada orang lain dengan cara yang mudah dimengerti.  Pria yang sabar dan penyayang.  Papa selalu mengajarkan welas asih dan kesederhanaan dengan contoh.  Dengan pangkat terakhir sebagai Brigadir Jendral di masa keemasan Angkatan Darat Orde Baru, papa adalah tentara sederhana.  Belau bilang kita diajarkan untuk berdoa "berikanlah kami rejeki secukupnya", maka tugas kita sebagai manusia adalah berdoa setiap hari supaya cukup.  Tidak memiliki hutang yang membebani pikiran di masa tua.  Papa juga ayah yang rela berkorban bukanlah sekedar kata-kata.  Tak peduli lelah karena bekerja, papa selalu menjemputku pulang kerja tengah malam.  Bahkan di usia 70 papa selalu tampil pertama menawarkan diri untuk menjemput dan mengantar cucunya.  Gelisah kalau cucunya belum pulang ke rumah.  Tetap terjaga dan baru bisa nyenyak tidur bila semua orang sudah di dalam rumah. Hidup haruslah dihitung mbak.....kapan mau menikah, kapan mau bekerja, kapan mau punya anak, kapan pensiun.  Jangan asal mengalir, sudah mau pensiun anak-anak masih kecil itu memberatkan.
Papa juga yang mengajarkan, membesarkan anak-anak itu harus memperhatikan kejiwaan anak-anak bukan materi.  Aku ingat ketika menabrakkan mobil sampai rusak berat, pertanyaan papa yang pertama, "kamu masih berani nyetir mbak?", papa tidak mempedulikan mobilnya yang penyok.  Kata beliau bisa diperbaiki, tapi memperbaiki mental surpaya percaya diri lagi itu sulit.

Papa juga suami siaga.  Di usia pensiun papalah yang memasak, katanya "mama sudah masak puluhan tahun, sekarang giliran papa.." Waktu Dea lahir, aku ingat papa yang tiap hari mengantarkan ASI ke kamar bayi.  Olahraga di rumah sakit, karena tidak mau meninggalkan istri, anak dan cucunya sendiri.  Selalu berupaya membantu.  Kata mama, harga dirinya juga tinggi.  Awal pernikahan selalu berkelahi kalau ibu mertuanya mengirim makanan ke rumah. Lucu ya.......

Mama, wanita mandiri yang mengajarkan kami untuk menjadi wanita yang berani dan selalu mau mempelajari banyak hal.  Dalam banyak hal, mama adalah sosok  yang dapat kami andalkan.  Selalu bersemangat belajar hal baru.  Penolong dan pendoa yang setia bagi suami dan anak-anaknya.  Perawat yang teliti dan cerewet.  Sejak papa sakit jantung, mama yang selalu memaksakan diet dan menyiapkan obat.  Mungkin kalau mama lemah dan malas berantem, papa tak akan sesehat sekarang. Mama juga wanita yang tahan sabar dan mau berpayah-payah berupaya membantu orang lain, mendengarkan kebawelan dan kenyinyiran orang lain.
Kata mama, dalam pernikahan jangan takut untuk berkelahi, beradu argumentasi, karena disitu penyesuaian untuk mencapai kedudukan yang setara.  Dan ternyata ajaran mama ini aku dengar lagi di kursus Marriage Encounter.  Setiap orang memiliki batas sabar.  Yang terbaik adalah mengkomunikasikan semua masalah, tidak memendam masalah.  Karena memendam masalah dengan bersikap menerima, ibarat menumpuk magma di perut bumi, tinggal tunggu waktu untuk meledak saja.

Kepribadian papa dan mama yang berbeda itu membuat mereka berdua menjadi pasangan yang awet, dan menjadi panutan kami dalam berumah tangga.  Tekad mereka berdua untuk saling membantu, mendengar, dan mendukung membuat papa dan mama mampu mencapai perkawinan emas dengan keadaan sehat dan gembira.  Sesuatu yang bukan biasa-biasa saja dan layak dirayakan dengan ucapan syukur kapada Tuhan YME karena telah mengijinkan dua orang hebat menjadi orangtua dan panutan kami.

Happy anniversary pa, ma.....love you both always.

No comments:

Post a Comment

Translate

Button

Warna Warni Perjalanan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...