Loading

Happy Hanukkah

Widya | Friday, December 06, 2013 |
Sudah lama aku ingin tahu tentang hari raya Hanukkah.  Dalam serial Glee, episode Natal, seluruh personil Glee mengucapkan "Merry Christmas"..namun Rachel, the woman leading singer selalu mengucapkan "Happy Hanukkah".  Apakah Happy Hanukkah adalah versi Yahudi untuk Merry Christmas...?

Hingga suatu saat di bulan Desember, guru bahasa Inggrisku, Mrs Cindy menerangkan tentang Hanukkah...
Hanukkah adalah hari raya Yahudi yang selalu dirayakan pada bulan Desember, dengan tanggal yang tidak pernah sama setiap tahunnya.  Kebetulan tahun ini Hanukkah dirayakan bersamaan dengan Thanksgiving.  Hari raya Hanukkah dirayakan selama 8 hari, tahun ini mulai tanggal 28 November (lebih awal untuk tahun 2013) dan akan berakhir tanggal 5 Desember.

Hanukkah disebut juga Hari Raya Cahaya (The Festival of Light).  Umat Yahudi akan menyalakan sebuah lilin setiap hari, selama 8 hari.  Tempat lilin mereka bernama Menorah, yang terdiri dari 9 tempat lilin.  Lilin yang ditengah akan bernyala selama 8 hari penuh, namun lilin yang lain akan dinyalakan satu setiap hari.  Pada hari raya ini mereka berdoa, membaca cerita  tentang Hanukkah, makan, menyanyikan lagu dan memainkan berbagai mainan.  Beberapa keluarga juga akan membagikan uang pada anak-anak.

Hanukkah berawal dari masa penjajahan raja Syria, Antiochus, yang tidak beragama Yahudi.  Antiochus memakai Bait Allah bangsa Yahudi sebagai kuilnya, dan mengisinya dengan patung-patung dewa Yunani.  Rakyat Yahudi diwajibkan untuk membungkukkan badan di depan patung-patung itu atau akan dibunuh.  Namun Maccabees panglima perang Yahudi yang memiliki 5 anak laki-laki tidak mau melakukannya, dan memimpiin perlawanan terhadap kerajaan Syria.
Maccabees menang dan mendapatkan kembali Bait Allah, namun "Eternal Light" dalam Bait Allah tidak memiliki minyak untuk tetap menyala.
Rakyat Yahudi hanya memiliki minyak untuk sehari saja, namun secara ajaib, lampu itu tetap menyala selama 8 hari ketika minyak yang baru sudah ada.  Sejak hari itu rakyat Yahudi merayakan "Miracle of The Lights" atau Hanukkah setiap tahun.

Happy Hanukkah....


No comments:

Post a Comment

Translate

Button

Warna Warni Perjalanan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...