Loading

Mystic Aquarium Connecticut

Widya | Sunday, November 17, 2013 |
11 November 2013, Connecticut

Hari ini Amerika libur Veteran Day..silahkan lihat kesini untuk tahu sejarahnya Veteran Day.  Sudah sejak hari Sabtu pagi aku dan keluarga bermalam di rumah om Zein dan Bulik Tin di Connecticut.  Hari ini kami ingin mengunjungi Aquarium terkenal di sini.

Dari sisi luas Mystic Aquarium tidak terlalu besar, setidaknya untuk pejalan kaki tidak membuat kaki ini terasa mau patah.  Kita juga memiliki aquarium seperti ini di Sea World Indonesia.  Namun keragaman binatang lautnya sedikit berbeda.  Karena MA terletak di negeri 4 musim, sangatlah memungkinkan bagi MA untuk mengkoleksi biantang-binatang laut dari daerah dingin.  Bukan hanya koleksi yang berbeda, namun penataan ruang, pemakaian dekorasi dan peletakkan keterangan tentang setiap binatang juga berbeda. Atraksi Singa Laut menjadi ikon dari MA, berlangsung pada jam-jam tertentu.
Pada dinding bebas dilukis dengan ilustrasi binatang laut, dan yang membanggakan sang seniman, pelukis dinding adalah penyebutan namanya disertai penghargaan yang diletakkan dengan pigura indah pada dinding.
Dekorasi yang digunakan, banyak memakai hasil karya kaca tiup, yang nama perajinnya terpampang jelas lengkap dengan alamat, telepon dan situs website di sisi hasil karyanya.
(gak heran kan kalau semua profesi di Amerika dihargai dengan pantas)

Seperti halnya dengan museum-museum di Amerika, peletakkan keterangan memakai asas interaktif dengan pengunjung. Ada mesin yang bisa mengeluarkan suara binatang laut dalam bentuk teka teki, tentu hal ini menarik untuk anak-anak kecil yang selalu penasaran dan mengulang-ulang puzzle.  Atau keterangan yang tersembunyi di bawah tutup dengan pertanyaan yang mengundang pengunjung untuk berpikir dan penasaran dengan jawaban yang benar.






Tiket masuknya termasuk mahal, tapi satu hal yang membuatku tersenyum lebar karena kami memiliki Military ID.  Untuk suami yang anggota aktif militer gratis (tidak berlaku di Sea World Indonesia...hiks).  Sedangkan untuk keluarga militer mendapat diskon separuh harga.  Kebetulan om dan tante juga sudah tergolong senior citizen, maka ada potongan khusus.  Militer dan keluarga di Amerika memang memiliki keistimewaan, banyak tempat yang memiliki diskon khusus.  Aku yakin keistimewaan  ini tidak di dapat dengan tekanan karena Amerika adalah negara demokrasi liberal, unsur-unsur pemaksaan akan mendapatkan pertentangan di sini.  Keyakinan dan kesadaran masyarakat untuk menghargai dan memberi sedikit keistimewaan untuk  orang-orang yang melindungi kepentingan Amerika sebagai negara dan orang-orang Amerika sebagai individu, menjadi dasar beragamnya diskon yang diberikan kepada militer dan keluarganya.

Pepatah "negara besar menghargai pahlawannya" tidak hanya berhenti hingga rangkaian kata namun mewujud dalam tindakan nyata rakyatnya, tidaklah heran kalau Amerika menyandang predikat negara adidaya.



Mystic Aquarium Connecticut

No comments:

Post a Comment

Translate

Button

Warna Warni Perjalanan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...