Loading

Si Putih Beluga Yang Menggemaskan

Widya | Wednesday, November 13, 2013 |
Salah satu binatang laut yang mempesona dan menggugah rasa sayang di Mystic Aquarium, Connecticut adalah Beluga.  Kemungkinan karena bentuk matanya yang hitam bulat dan tarikan mulutnya yang seperti orang tersenyum.  Mamalia laut yang hidup di perairan Artic ini kadang disebut Beluga Mellonhead atau Sea Canary (Kenari laut).  Mengapa demikian, karena bentuk kepalanya seperti buah Melon yang berguna untuk melidungi alat echolocation yang berguna untuk menentukan arah bergerak, berkomunikasi, berburu di laut gelap dan  mencari lubang dipermukaan es dengan pantulan suara. Suara yang tersebar di air akan memantul bila menemukan benda, dan merekapun dapat menentukan jarak, bentuk, kecepatan dan ukuran obyek. Hebat ya....Beluga disebut kenari laut karena kemampuannya mengeluarkan suara bernada tinggi.

Beluga adalah mahluk sosial, yang bertualang dalam grup paling sedikit 10 ekor atau lebih dari 100 ekor pada musim panas dan dipimpin oleh Beluga jantan.  Pada musim panas, Beluga sering dijumpai di perairan-perairan teluk yang dangkal.  Beluga berada di perairan Artic pada musim dingin dan migrasi ke perairan teluk yang hangat pada musim panas.

Beluga dapat hidup hingga 70 tahun, dengan musuh utamanya manusia, beruang es (Polar Bear) dan Paus Pembunuh.  Beluga jantan dapat berkembang hingga 5,5mtr dengan berat 1.600 kg,  sementara Beluga betina dapat mencapai 4,1 mtr dengan berat 1.200 kg.  Kandungan lemak pada tubuh Beluga mencapai 50% dengan ketebalan 15 cm, berguna sebagai insulator pada saat musim dingin atau cadangan makanan pada periode tanpa makanan.  Makanan utamanya adalah aneka seafood dan aneka ikan laut dalam.

Beluga memiliki warna tubuh seluruhnya putih sebagai alat pertahanan diri (camouflage) di kutub.  Anak Beluga yang disebut Calf ketika lahir berwarna abu-abu, namun dalam perjalanannya kelak akan berubah menjadi putih.  Bayangkan tubuh putih dengan mata hitam dan mulut tersenyum....hmmmm siapapun akan jatuh cinta.

Keunikan lain Beluga adalah struktur anatominya yang berbeda dengan Paus dan Lumba-lumba adalah lehernya.  Leher Beluga memungkinkan Beluga menengokkan kepalanya tanpa perlu memutar tubuhnya.  Di samping itu Beluga dapat berenang mundur.  Beluga adalah mamalia yang tergolong slow swimmer, walau demikian Beluga mampu menyelam hingga 700 kaki.

Beluga memiliki pendengaran yang baik, mereka dapat mendengar hingga 1.2 hingga 120 khz, jauh bila dibandingkan kemampuan manusia yang dapat mendengar pada 10-75 khz.  Penglihatan Beluga tidak sebaik penglihatan Lumba-lumba.  Beluga juga senang bersentuhan dengan sesama Beluga, dan mereka bisa mendeteksi kehadiran darah di air yang akan otomatis membuat mereka meneriakkan tanda bahaya.

Seperti layaknya mamalia besar lain yang sedikit memiliki anak, Beluga juga beranak 1 setiap 3 tahun,  Dan akan berhenti beranak pada usia 25 tahun.  Beluga menyusui anaknya kurang lebih 20 bulan, wooooow....lama juga ya.  Terkadang bayi Beluga diasuh dan disusui betina yang bukan induknya (alloparenting).

No comments:

Post a Comment

Translate

Button

Warna Warni Perjalanan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...